SEKILAS INFO
Selamat Datang di Website Sekolah 1 Velocity
Sabtu, 20/4/2024
Home » Artikel » Benarkah Anak IPA Lebih Stres dari Anak IPS? Ini Kata Psikolog

Benarkah Anak IPA Lebih Stres dari Anak IPS? Ini Kata Psikolog

Jakarta – Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Purworejo membuat penelitian mengenai perbedaan komposisi air seni atau pipis dari anak IPA dan IPS. Hasilnya menunjukkan, anak IPA memiliki urine dengan pH dan kadar glukosa lebih tinggi. Hmm..

Menurut salah satu penelitian dikompetisikan dalam Indonesia Fun Science Award 2019 tersebut, perbedaan ini kemungkinan dipengaruhi juga oleh tingkat stres. Diyakini, karena mata pelajaran anak IPA lebih rumit. Wah, anak IPS bisa ngamuk-ngamuk nih!

Menurut Psikolog Klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla MPsi, anak IPA dan anak IPS sama-sama bisa bisa menghadapi stres di sekolah. Khususnya ketika menghadapi ujian nasional. Dua-duanya sama-sama harus mempersiapkan diri dan kelulusan mereka dipertaruhkan di sini.

“Hanya saja yang membedakan adalah materi pelajaran yang diikutsertakan dalam ujian. Pada IPA yang pelajaran andalannya adalah MAFIA (Matematika Fisika Kimia) dan Biologi, mereka dituntut untuk mampu berpikir logika hitungan, dan berpikir ilmiah, melakukan penelitian laboratorium, menganalisa aksi reaksi tekanan, berat, dan zat,” ujar Vero, demikian sapaannya, saat dihubungi detikHealth, Kamis (7/3/2019).

sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4457488/benarkah-anak-ipa-lebih-stres-dari-anak-ips-ini-kata-psikolog